Sabtu, 29 April 2017

HUBUNGAN ANTROPOLOGI DAN ILMU LAINNYA

HUBUNGAN ANTROPOLOGI DAN ILMU LAINNYA



1. Antropologi dan Ilmu Geologi


   Bantauan ilmu geologi yang mempelajari ciri-ciri lapisan bumi serta perubahannya, terutama dibutuhkan oleh sub ilmu paleoantropologi untuk menetapkan umur relatif dari fosil-fosil makhluk primat dan fosil-fosil manusia dari zaman dahulu, serta artefak-artefak dan bekas-bekas kebudayaan yang digali dalam lapisan bumi. Hal ini mungkin dengan terutama menganalisa dengan metode-metode geologi, umur dari lapisan-lapisan bumi tempat artefak-artefak tadi terkandung.

2. Antropologi dan Ilmu Anatomi


   Seorang sarjana antropologi-fisik, baik yang mengkhusus kepada paleo-antropologi maupun yang meneliti ciri-ciri ras di dunia, sangat perlu akan ilmu anatomi karena ciri-ciri dari berbagai kerangka manusia menjadi objek penelitian yang terpenting dari seorang ahli antropologi-fisik untuk mendapat pengertian tentang soal asal mula penyebaran manusia serta hubungan ras-ras di dunia.

3. Antropologi dan Ilmu Kesehatan


   Yaitu data mengenai konsepsi dan sikap penduduk desa tentang kesehatan, tentang salit, terhadap dukun, terhadap obat-obatan tradisional, terhadap kebiasaan dan pantangan makanan dan sebagainya, ilmu antropologi juga dapat memberikan kepada para dokter kesehatan masyarakat yang akan bekerja dan hidup di berbagai daerah dengan aneka warna kebudayaan, metode-metode dan cara untuk segera mengerti dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan adat-istiadat lain.

4. Antropologi dan Psikiatri


   Hubungan ini merupakan perluasan dari hubungan antara ilmu antropologi dan ilmu psikologi, yang kemudian mendapat fungsi yang praktis.

5. Antropologi dan Sejarah


   Antropologi memberikan bahan prehistori sebagai pangkal bagi tiap penulis sejarah dari tiap bangsa di dunia. Selain itu, banyak masalah dari historiografi dari sejarah sesuatu bangsa dapat dipecahkan dengan metode-metode antropologi. Konsep-konsep tentang kehidupan masyarakat yang dikembangkan oleh antropologi dan ilmu sosial lainnya, akan memberi pengertian banyak kepada seorang ahli sejarah untuk  mengisi latar belakang dari peristiwa politik dalam sejarah yang menjadi objek penelitiannya.

6. Antropologi dan Geografi


   Geografi atau ilmu bumi mencoba mencari pengertian tentang alam dunia ini dengan memberi pelukisan tentang bumi serta ciri-ciri dari segala macam bentuk makhluk hidup yang menempati bumi. Di antara beraneka warna macam bentuk makhluk hidup di bumi ada manusia yang memiliki beraneka warna sifatnya di berbagai daerah di muka bumi tersebut. Karena antropologi adalah salah satunya ilmu yang mampu menyelami masalah aneka warna sifat manusia itu, maka sudah tentu ilmu geografi tidak dapat mengabaikan ilmu antropologi.

7. Antropologi dan Ilmu Ekonomi


    Seorang ahli ekonomi yang hendak membangun ekonomi di suatu negara tentu akan memerlukan bahan komparatif mengenai misalnya aktivitas masyarakat di negara itu. Dalam hal mengumpulkan keterangan tentang aktivitas masyarakat ilmu antropologilah yang sangat bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyidik Dan Penyelidik Dalam Hukum Acara Pidana

Menurut pasal 1 butir 1, penyidik adalah pejabat polisi negara Republik Indonesia atau pegawai negeri sipil tertentu yang diberi wewenang kh...