Senin, 24 April 2017

PROSES TERJADINYA NEGARA DI ZAMAN MODERN

PROSES TERJADINYA NEGARA DI ZAMAN MODERN



    Menurut pandangan ini dalam kenyataannya, terjadinya negara bukan di sebabkan oleh teori-teori Hukum Alam, Ketuhanan, maupun Perjanjian. Negara-negara di dunia ini terbentuk karena melalui beberapa proses , seperti :

1. Penaklukan 

    Penaklukkan, yaitu suatu daerah yang tak bertuan kemudian diambil alih dan di dirikan negara diwilayah itu. Misal, Liberia adalah daerah kosong yang di jadikan negara oleh para budak Negro yang telah di merdekakan oleh Amerika. Liberia di merdekakan pada tahun 1847.

2. Peleburan

    Peleburan adalah suatu penggabungan dua atau lebih negara menjadi negara baru. Misal, Jerman Barat dan Jerman Timur bergabung menjadi negara Jerman.

3. Pemecahan

    Pemecahan adalah terbentuknya negara-negara baru akibat terpecahnya negara lama sehingga negara sebelumnya menjadi tidak ada. Contohnya Yugoslavia terpecah menjadi negara Serbia, Bosnia, Montenegro. Atau Uni Soviet terpecah menjadi banyak negara baru. Kemudian Cekoslovakia terpecah menjadi Ceko dan Slovakia.

4. Pemisahan Diri

    Pemisahan diri adalah memisahnya suatu bagian wilayah negara kemudian terbentuk negara baru. Pemisahan berbeda dengan pemecahan di mana negara lama masih ada. Misal, India kemudian terpecah menjadi India, Pakistan, dan Bangladesh.

5. Perjuangan atau Revolusi

    Perjuangan merupakan hasil dari rakyat suatu wilayah yang pada umumnya dijajah negara lain kemudian memerdekakan diri. Misalnya Indonesia yang melakukan perjuangan revolusi sehingga mampu membentuk negara merdeka. Kebanyakan kemerdekaan yang diperoleh negara Asia Afrika setelah perang dunia ke II adalah hasil perjuangan rakyatnya.

6. Penyerahan atau Pemberian

    Penyerahan atau pemberian adalah pemberian kemerdekaan kepada suatu koloni oleh negara lain yang umumnya adalah bekas jajahannya. Inggris dan Prancis yang memiliki wilayah jajahan di Afrika, banyak memeberikan kemerdekaan kepada bangsa di daerah tersebut. Contohnya, Kongo dimerkekakan oleh Prancis.

7. Pendudukan atas Wilayah yang belum ada pemerintahan sebelumnya

    Pendudukan terjadi terhadap wilayah yang ada penduduknya, tetapi tidak berpemrintahan. Misalnya Australia merupakan daerah baru yang ditemukan Inggris meskipun di sana terdapat suku Aborigin. Daerah Australia selanjutnya dibuat koloni-koloni dimana penduduknya didatangkan dari daratan Eropa. Australia di merdekakan pada 1801.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyidik Dan Penyelidik Dalam Hukum Acara Pidana

Menurut pasal 1 butir 1, penyidik adalah pejabat polisi negara Republik Indonesia atau pegawai negeri sipil tertentu yang diberi wewenang kh...